KISI-KISI, SOAL DAN PEDOMAN PENSKORAN
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Assesmen Pembelajaran SD
Oleh
:
Tri Utami
1401411302
5C
Dosen Pengampu : Drs. Teguh Supriyanto, M.Pd
PGSD
UPP TEGAL
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI
SEMARANG
2013
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis
Sekolah : SD N Pancasila
Sakti Cilacap
Kelas/Semester : 4 smt 1
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA)
Kurikulum : KTSP
Standar
Kompetensi : Makhluk Hidup dan Proses
Kehidupan
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh
manusia dengan fungsinya,
serta pemeliharaannya.
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit (2 JP)
Jumlah
Soal : 23 soal
No.
Urut
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Ranah
kognitif
|
Tingkat
Kesukaran
|
No. Soal
|
1.
|
1.3 Mendeskripsikan hubungan antara
struktur panca indera dengan funsinya.
|
Alat indera manusia, fungsi, dan
pemelihara-annya
|
Disajikan gambar bagian mata, siswa
dapat menunjukkan nama bagian mata sesuai dengan nomor yang ditunjuk.
|
Pilihan ganda
|
C3
|
Sukar
|
1 dan 6
|
No.
Urut
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Ranah
kognitif
|
Tingkat
Kesukaran
|
No. Soal
|
|
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi fungsi
bagian mata.
|
Isian singkat
|
C1
|
Mudah
|
1
|
|
|
|
Disajikan pernyataan terjadinya proses
pendengaran, siswa dapat mengurutkan dengan benar proses terjadinya
pendengaran.
|
Pilihan ganda
|
C2
|
Sedang
|
2 dan 7
|
|
|
|
Diberikan gambar organ telinga,
siswa dapat menunjukkan bagian telinga
sesuai dengan ciri kelainan yang muncul.
Diberikan gambar organ telinga,
siswa dapat menyebutkan nama bagian
yang ditunjuk.
|
Isian singkat
Isian singkat
|
C3
C1
|
Sukar
Mudah
|
2
3
|
|
|
|
Diberikan stimulus berupa teks singkat
tentang kelainan pada hidung, siswa dapat menghubungkan gejala yang muncul
dalam teks dengan kelainan pada hidung.
|
Pilihan ganda
|
C3
|
sedang
|
3 dan 8
|
|
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi kepekaan
rasa sesuai dengan bagian lidah yang disebutkan.
|
Isian singkat
|
C1
|
Mudah
|
4
|
|
|
|
Disajikan tabel panca indera manusia, siswa
dapat menjodohkan hubungan yang tepat antara panca indera, bagian-bagiannya,
dan kelainannya.
|
Pilihan ganda
|
C1
|
Sedang
|
4 dan 9
|
|
|
|
Siswa dapat menyebutkan lapisan kulit.
|
Isian singkat
|
C1
|
Mudah
|
5
|
|
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi fungsi
alat indera manusia.
|
Pilihan ganda
|
C1
|
Mudah
|
5 dan 10
|
|
|
|
Disajikan gambar penampang lidah, siswa
dapat mengidentifikasi kepekaan rasa sesuai bagian yang diberi warna.
|
Uraian
|
C1
|
Mudah
|
1
|
|
|
|
Disajikan gambar cacat mata miopi.
Siswa dapat menjelaskan dengan kata-katanya sendiri proses penglihatan pada
mata miopi sebelum dan sesudah memakai kacamata penolong.
|
Uraian
|
C3
|
Sulit
|
2
|
|
|
|
Siswa dapat menyebutkan dan
menjelaskan lapisan pada kulit.
|
Uraian
|
C1
|
Sedang
|
3
|
SOAL:
A.
Berilah tanda silang (X) pada salah satu
pilihan a, b, c, atau d yang paling benar.
1.
Perhatikan
gambar bagian mata di bawah ini!
Pada
gambar di atas, bagian mata yang disebut pupil ditunjukkan dengan nomor ….
a.
1 c.
4
b.
3 d. 5
2.
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
a.
Suara ditangkap oleh gendang telinga
b.
Suara dari luar masuk ke telinga
c.
Getaran diteruskan ke telinga dalam oleh tulang-tulang pendengaran
d.
Getaran diteruskan ke syaraf otak
e.
Gendang telinga bergetar
f.
Suara terdengar
Urutan
yang benar terjadinya proses pendengaran pada manusia yaitu ….
a.
b-a-e-c-d-f c.
a-b-e-c-d-f
b.
b-e-a-c-d-f d.
b-a-c-e-d-f
3.
Bacalah teks di bawah ini dengan
cermat!
Saat pulang sekolah Andi bersama
teman-temannya melewati tempat pembuangan sampah. Setiap orang yang mereka
temui pasti menutup hidungnya, begitupun dengan teman-teman Andi. Mereka
mencium aroma bau sampah yang sangat mengganggu, namun saat itu Andi sama
sekali tidak menutup hidungnya. Andi berkata pada teman-temannya bahwa
hidungnya sedang tidak peka terhadap bau, seperti ada yang menyumbat dan
mengeluarkan lendir.
Berdasarkan
cerita di atas dapat disimpulkan bahwa Andi menderita gangguan yang disebut ….
a.
polip c. pilek
d.
sinusitis d. rakhitis
4. Perhatikan tabel di bawah ini!
Panca
Indera
|
Bagian-bagian
|
Kelainan
|
1.
Mata
|
Pupil,
kornea, iris, retina, lensa
|
Miopi,
hipermetropi, presbiopi
|
2.
Lidah
|
Papila,
sclera, koroid
|
Tidak
dapat merasakan rasa
|
3.
Hidung
|
Rongga
hidung, bulu hidung, saraf pembau
|
Pilek,
anosmia, polip
|
4.
Telinga
|
Gendang
telinga, koklea, saluran eustachius
|
Tuli,
congek
|
5.
Kulit
|
Epidermis,
dermis, koroid
|
Panu,
jerawat, kadas
|
Hubungan
yang benar antara panca indera, bagian-bagian, dan kelainannya ditunjukkan pada
nomor ….
a.
1, 2, 3 c. 3,
4, 5
b. 1, 2, 4 d.
1, 3, 4
5. Alat indera yang berfungsi untuk mengatur suhu
tubuh dan sebagai indera peraba yaitu ….
a.
kulit c.
telinga
b.
tangan d.
lidah
6. Perhatikan gambar bagian mata di bawah ini!
Pada
gambar di atas, nomor 1 menunjukkan bagian mata yang disebut ….
a.
retina c. iris
b.
pupil d.
kornea
7.
Perhatikan tabel di bawah ini!
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
Suara dari luar masuk ke telinga.
2.
Suara ditangkap oleh gendang telinga.
3.
Getaran diteruskan ke telinga dalam oleh
tulang-tulang. pendengaran
4.
Gendang telinga bergetar.
5.
Getaran diteruskan ke syaraf otak.
6. Suara terdengar.
|
1. Suara dari
luar masuk ke telinga.
2.
Suara ditangkap oleh gendang telinga.
3.
Getaran diteruskan ke telinga dalam oleh
tulang-tulang pendengaran.
4.
Gendang telinga bergetar.
5.
Getaran diteruskan ke syaraf otak.
6. Suara terdengar.
|
1.
Suara dari luar masuk ke telinga.
2.
Suara ditangkap oleh gendang telinga.
3.
Gendang telinga bergetar.
4.
Getaran diteruskan ke telinga dalam oleh
tulang-tulang pendengaran.
5.
Getaran diteruskan ke syaraf otak.
6. Suara terdengar.
|
1.
Suara dari luar masuk ke telinga.
2.
Suara ditangkap oleh gendang telinga.
3.
Gendang telinga bergetar.
4.
Getaran diteruskan ke syaraf otak.
5.
Getaran diteruskan ke telinga dalam oleh
tulang-tulang pendengaran.
6.
Suara terdengar.
|
Dari
tabel di atas manakah yang menunjukkan proses terjadinya pendengaran?
a.
A c.
C
b.
B d.
D
8. Pada
sebuah pemeriksaan medis, seseorang didiagnosis menderita kelainan pada indera
pembau. Orang tersebut disarankan oleh dokter untuk dioperasi karena di dalam
hidungnya terdapat daging tumbuh yang berbahaya. Apabila tidak segera dioperasi
maka penyakit ini dapat menyebabkan hilangnya kemampuan penciuman pada kedua
lubang hidungnya.
Berdasarkan
cerita di atas dapat disimpulkan bahwa orang tersebut menderita penyakit ….
a.
polip c. asma
b.
pilek d.
kanker
9.
Perhatikan tabel di bawah ini!
Panca
Indera
|
Bagian-bagian
|
Kelainan
|
1.
Mata
|
pupil,
koklea, iris, retina, lensa
|
miopi,
hipermetropi, anosmia
|
2.
Lidah
|
papila,
sclera, koroid
|
tidak
dapat merasakan rasa
|
3.
Hidung
|
rongga
hidung, koklea, saraf pembau
|
pilek,
anosmia, hipermetropi
|
4.
Telinga
|
gendang
telinga, koklea, saluran eustachius
|
tuli,
congek
|
5.
Kulit
|
epidermis,
dermis, hipedermis
|
panu,
jerawat, kadas
|
Hubungan
yang benar antara panca indera, bagian-bagian, dan kelainannya ditunjukkan pada
nomor ….
a.
4 dan 5 c.
2 dan 3
b.
3 dan 4 d.
1 dan 5
10.
Alat indera yang berfungsi untuk membedakan rasa makanan yaitu ….
a.
mata c.
telinga
b.
lidah d. kulit
B. Isilah titik-titik di bawah ini secara singkat dan jelas.
1. Bagian mata yang berfungsi memberi warna pada
mata yaitu ….
Untuk
soal nomor 2 dan 3 perhatikan gambar organ telinga di bawah ini!
6
2.
Seseorang yang menderita kelainan tuli
disebabkan rusaknya bagian telinga yang bernomor ….
3. Apakah nama bagian telinga yang ditunjukkan
oleh nomor 6?
4. Lidah bagian belakang dan depan peka terhadap
rasa … dan ….
5. Lapisan kulit yang terluar disebut ….
C. Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan benar.
1.
Perhatikan gambar penampang lidah di
bawah ini!
Identifikasilah masing-masing
rasa pada gambar tersebut sesuai dengan warnanya!
2.
Perhatikan gambar cacat mata miopi di
bawah ini!
Jelaskan proses terjadinya penglihatan pada mata miopi sebelum dan sesudah memakai kacamata penolong!
3. Jelaskan 3 lapisan penyusun kulit!
Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran:
Jenis Soal
|
Nomor Soal
|
Kunci Jawaban
|
Penskoran
|
Pilihan Ganda
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
D
A
C
D
B
A
C
A
A
B
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Jawaban Singkat
|
1
2
3
4
5
|
Iris
5
Saluran Eustachius
Pahit dan manis
Epidermis
|
1
1
1
1
1
|
Skor Maksimum
|
15
|
||
Uraian
|
1
|
·
Warna merah: lidah bagian depan
peka terhadap rasa manis.
·
Warna biru: lidah bagian belakang
peka terhadap rasa pahit.
·
Warna kuning: lidah bagian
samping dalam peka terhadap rasa asam.
·
Warna hijau: lidah bagian samping
luar peka terhadap rasa asin.
|
3
|
|
2
|
Proses
penglihatan pada mata miopi:
·
Cahaya yang dipantulkan oleh
benda di tangkap oleh mata, menembus kornea dan diteruskan melalui pupil.
·
Intensitas cahaya yang telah
diatur oleh pupil diteruskan menembus lensa mata.
·
Lensa bekerja mengatur cahaya,
namun pada penderita miopi lensa matanya terlalu cembung sehingga bayangan
benda jatuh di depan retina.
·
Hal ini menyebabkan penderita
tidak dapat melihat benda dengan jarak yang jauh.
Proses penglihatan
pada mata miopi setelah memakai kacamata penolong:
·
Cahaya
yang dipantulkan oleh benda di tangkap oleh mata, menembus kornea dan
diteruskan melalui pupil.
·
Intensitas
cahaya yang telah diatur oleh pupil diteruskan menembus lensa mata.
·
Pada
penderita miopi yang menggunakan kacamata penolong berlensa cekung,
menyebabkan bayangan benda jatuh tepat di retina mata.
·
Hal
ini menyebabkan mata miopi dapat melihat benda seperti halnya pada mata
normal.
|
7
|
3
|
3 lapisan kulit
yaitu:
·
Lapisan epidermis yaitu lapisan
terluar dari kulit. Lapisan
epidermis
tersusun atas kulit ari dan lapisan malpighi.
·
Lapisan dermis yaitu lapisan yang
berada di bawah atau di sebelah dalam epidermis.
Pada dermis
terdapat kelenjar keringat, kelenjar minyak, akar
rambut,
pembuluh darah, saraf, dan reseptor indra peraba.
·
Lapisan hypodermis yaitu lapisan
kulit yang paling dalam.
Lapisan ini
mengandung banyak jaringan lemak yang berguna
untuk menghangatkan tubuh.
|
5
|
|
Skor Maksimum
|
15
|
·
skor pilihan ganda + esai tanpa koreksi
jawaban dugaan ( N1 ):
x
100
·
skor
bentuk uraian ( N2 ):
x
100
Skor Akhir : ( b1
x N1 ) + ( b2 x N2)
|
Keterangan : b1 : bobot nilai pilihan
ganda + esai (0,4)
b2 : bobot nilai bentuk uraian (0,6)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar