RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD N
Pancasila Sakti 01
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami cerita tentang suatu
peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan
secara lisan.
Indikator : 5.1.1 Mampu memahami cerita tentang peristiwa yang didengar.
5.1.2 Mampu memberikan tanggapan terhadap peristiwa yang didengar dengan
alasan yang logis.
Alokasi waktu : 2x35 Menit (2 JP)
1.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan
cerita tentang peristiwa dan memberikan komentar atau saran yang logis dengan
bahasa yang santun.
2.
Materi
Pembelajaran
Peristiwa
3.
Metode Pembelajaran
a. Tanya
Jawab
b. Diskusi
c. Ceramah
d. Penugasan
4.
Langkah
Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal (10 menit)
1.
Guru membuka pelajaran dengan mengajak
siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing dan menanyakan kabar
siswa.
2.
Guru
mengadakan apersepsi dengan cara rnengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan
dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
3.
Untuk
membangkitkan Motivasi belajar, siswa menanggapi cerita tentang peristiwa yang
terjadi di sekolah
4.
Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya rnengenai Materi pembelajaran.
B.
Kegiatan Inti (50 menit)
Eksplorasi
1. Guru
memberi penjelasan tentang mataeri yang akan dibahas, siswa menyimak.
2. Guru
membentuk kelompok diskusi yang terdiri dari 5 siswa dalam setiap kelompoknya (menyimak, mengolah).
Elaborasi
1. Guru
memberikan pengarahan tentang kegiatan yang akan dilakukan
2. Guru
membacakan teks bacaan tentang lomba
kebersihan lingkungan, siswa menyimak dan diminta menuliskan kata kunci
dari penjelasan bacaan setiap kalimat.
3. Setiap
kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan kata kunci yang terdapat dalam setiap
kalimat pada bacaan.
(menyimak, mencoba)
4. Guru
menunjuk wakil dari kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka. (mengomunikasikan)
Konfirmasi
5. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
bertanya tentang materi yang belum jelas
6. Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban
secara menyeluruh
7. Guru memberikan kata-kata pujian kepada peserta didik
atas keaktifannya dalam proses pembelajaran
8. Guru memovasi peserta didik yang kurang atau belum
berpartisifasi aktif
Penilaian proses:
1. Guru
mengamati ketepatan siswa dalam mencatat kata kunci
2. Guru
mengamati kerja sama siswa dalam kelompok
3. Guru
mengamati ketepatan waktu penyelesaian tugas.
C. KEGIATAN PENUTUP
(10 Menit)
1. Bersama –
sama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari (menyimpulkan)
2. Guru
memberikan penguatan tentang pelajaran hari ini
3. Guru
melakukan penilaian hasil belajar dengan menggunakan rubrik penilaian unjuk
kerja
4. Guru
mengajak semua siswa untuk berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Media dan Sumber Belajar
a. Media : Teks bacaan tentang llllll
b.
Sumber belajar :
I.
Penilaian
a.
Prosedur penilaian
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal
sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Instrument penilaian
Penilaian
unjuk kerja
1)
Penilaian pengamatan (Terlampir)
2)
Penilaian produk (Terlampir)
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
: NIP :
Rubrik penilaian pengamatan
Rubrik diskusi kelompok
No.
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu bimbingan
1
|
1.
|
Ketepatan menjelaskan
kata kunci
|
Kelompok mampu
menjelaskan 4 kata kunci dengan
Tepat
|
Kelompok mampu
menjelaskan 3 kata kunci
dengan
tepat
|
Kelompok
mampu menjelaskan 2 kata kunci dengan
tepat
|
Kelompok belum
mampu
menjelaskan kata kunci
|
2.
|
Ketepatan
waktu
penyelesaian
tugas
|
Selesai
sebelum waktu
yang ditentukan
|
Selesai tepat waktu
|
Terlambat
maksimal
5 menit
|
Terlambat
lebih dari5 menit
|
3.
|
Kerja sama
kelompok
|
Seluruh
anggota
kelompok
berpartisipasi aktif
|
Lebih dari
setengah
anggota
kelompok
berpartisipasi aktif
|
Kurang dari
setengahanggota kelompok
berpartisipasi aktif
|
Seluruh
anggota
kelompok
terlihat
pasif
|
Rubrik menentukan kata kunci
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
Keterangan:
1.
Skor maksimal kegiatan diskusi =
12
2.
Skor maksimal menemukan makanan dan
tradisi suatu daerah = 12
Tidak ada komentar:
Posting Komentar