Senin, 26 Mei 2014

RPP B.INDONESIA Kelas 5 smt 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                                   : SD N Pancasila Sakti 01
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      : V/2
Standar Kompetensi             : Mendengarkan
                                                  5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan                                                            cerita pendek anak yang disampaikan secara                                                         lisan.
Indikator                                : 5.1.1 Mampu memahami cerita tentang peristiwa                                                              yang didengar.
                                                  5.1.2 Mampu memberikan tanggapan terhadap                                                                   peristiwa yang didengar dengan alasan yang                                                                        logis.
Alokasi waktu                        : 2x35 Menit (2 JP)
1.      Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan cerita tentang peristiwa dan memberikan komentar atau saran yang logis dengan bahasa yang santun.
2.      Materi Pembelajaran
Peristiwa
3.      Metode Pembelajaran
a.       Tanya Jawab
b.      Diskusi
c.       Ceramah
d.      Penugasan




4.      Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (10 menit)
1.      Guru membuka pelajaran dengan mengajak siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing dan menanyakan kabar siswa.
2.      Guru mengadakan apersepsi dengan cara rnengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
3.      Untuk membangkitkan Motivasi belajar, siswa menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekolah
4.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya rnengenai Materi pembelajaran.
B. Kegiatan Inti (50 menit)
     Eksplorasi
1.   Guru memberi penjelasan tentang mataeri yang akan dibahas, siswa       menyimak.
2.   Guru membentuk kelompok diskusi yang terdiri dari 5 siswa dalam setiap kelompoknya (menyimak, mengolah).
Elaborasi
1.   Guru memberikan pengarahan tentang kegiatan yang akan dilakukan
2.   Guru membacakan teks bacaan tentang lomba kebersihan lingkungan, siswa menyimak dan diminta menuliskan kata kunci dari penjelasan bacaan setiap kalimat.
3.   Setiap kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan kata kunci yang terdapat dalam setiap kalimat pada bacaan.
    (menyimak, mencoba)
4.   Guru menunjuk wakil dari kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka. (mengomunikasikan)

Konfirmasi
5.   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas
6.   Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh
7.   Guru memberikan kata-kata pujian kepada peserta didik atas keaktifannya dalam proses pembelajaran
8.   Guru memovasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisifasi aktif
      Penilaian proses:
1.      Guru mengamati ketepatan siswa dalam mencatat kata kunci
2.      Guru mengamati kerja sama siswa dalam kelompok
3.      Guru mengamati ketepatan waktu penyelesaian tugas.

C. KEGIATAN PENUTUP (10 Menit)
1.      Bersama – sama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari (menyimpulkan)
2.      Guru memberikan penguatan tentang pelajaran hari ini
3.      Guru melakukan penilaian hasil belajar dengan menggunakan rubrik penilaian unjuk kerja
4.      Guru mengajak semua siswa untuk berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
 Media dan Sumber Belajar
            a. Media                      : Teks bacaan tentang llllll
            b. Sumber belajar        :
I. Penilaian
a. Prosedur penilaian
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Instrument penilaian
Penilaian unjuk kerja
1) Penilaian pengamatan (Terlampir)
2) Penilaian produk (Terlampir)

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



..................................                                              ..................................
NIP :                                                                        NIP :



Rubrik penilaian pengamatan
Rubrik diskusi kelompok
No.
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu bimbingan
1
1.
Ketepatan menjelaskan kata kunci
Kelompok mampu menjelaskan 4 kata kunci dengan
Tepat
Kelompok mampu menjelaskan 3 kata kunci
dengan tepat
Kelompok mampu  menjelaskan 2 kata kunci dengan tepat
Kelompok belum
mampu menjelaskan kata kunci
2.
Ketepatan waktu
penyelesaian
tugas
Selesai sebelum waktu
yang ditentukan
Selesai tepat waktu
Terlambat maksimal
5 menit
Terlambat lebih dari5 menit
3.
Kerja sama
kelompok
Seluruh anggota
kelompok
berpartisipasi aktif
Lebih dari setengah
anggota kelompok
berpartisipasi aktif
Kurang dari setengahanggota kelompok
berpartisipasi aktif
Seluruh anggota
kelompok terlihat
pasif













Rubrik menentukan kata kunci
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
                     Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
                     Skor Maksimal

Keterangan:
1.      Skor maksimal kegiatan diskusi                                                       = 12
2.      Skor maksimal menemukan makanan dan tradisi suatu daerah       = 12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar