Kamis, 06 Juni 2013

Percik Mania




Haiiii .. 
Hari ini, Kamis 6 Juni 2013 gw sebagai anak kampus punya cerita baru nih bareng teman2. hehehe.. 
Seperti biasa setiap semester 4 pasti kuliah seni rupa nd salah satu tugasnya yaitu bikin PERCIK. Mungkin bagi sobat yang bukan dari jurusan PGSD atau seni rupa asing dengan kata Percik. *percik lho bukan persik apa lagi dewi persik* hehehe... :)
Nah jadi percik itu sebenarnya karya seni rupa yang berupa lukisan, tapi bukamasih n sembarang lukisan kayak biasanya sob. Cara bikinnya lumayan rempong sih *ap lg gw miss rempong*.. Awalnya kita harus nyiapin daun yang bentuknya unik2 gitu sob, terus kita simpan di buku sampe beberapa hari. Nah kalo dah beberapa hari disimpan di buku pasti daun2 itu kan bakalan layu n lempes, nah tu dia sob bahan utamanya bikin lukisan percik. Daun2 tadi selanjutnya kita susun di buku gambar menjadi suatu rangkaian yang cantik. ngrangakinya juga gag boleh sembarangan sob, harus mempertimbangkan perpaduan daun dan keharmonisan lho biar enak dipandang. Misalnya nih sob, kita bisa susun daun2 membentuk pohon bunga. 
kalo udah jadi desain gambarnya nih sob, kita bisa langsung jepit daun2 itu pake jarum pentul di kertas gambar n jangan lupa sob di bawah kertas gambar kita di beri tatakan sterofom atau kardus biar nusuk jarumnya gampang sob. 
Lumayan ribet ya sob ? ah itu belum seberapa dari proses percik seluruhnya.. hehehe masih ada lagi yang lebih rempong nih sob. 
setelah desain siap dan mantap tertancap di buku gambar, kita udah mulai bisa membentuk warnanya sob. O yaaaa cara bikin pewarnanya udah tau belom sob ? hehehe gw kasih bocoran nih yaaa.. pewarna percik bisa menggunakan cat poster, pewarna makanan (angkak), pewarna es dan sebenarnya pake pewarna apa ajja juga boleh sob yang penting tau tekhniknya. kalo misal kita pake cat poster, kita harus tau karakteristik cat poster dulu sob. Kalo cat poster buat pewarna percik hasilnya woooow bgt sob, warnanya kinclong mengkilat nd tajam sob. Tapi harus hati-hati juga sob, rawan gagal sob kalo gag tau tekhnik yang bener. Nah kalo pake angkak pewarna makanan, hasilnya tuh lembut bgt sob dipandang, warnanya soft n gag nyolok mata. hehe.. Kalo pewarna es(pewarna makanan) nah ini nih sob yg gw pake buat bikin percik. menurut gw sih warnanya ok ok ajja, gag terlalu tajam juga gag terlalu lemah. cipratan perciknya juga cepet bgt sob, jadi buat sobat yg agak gak sabaran, cocok bgt nih pake ini. 
Tapi kata para sesepuh, mau pake pewarna apa aja, mau pake sikat gigi merk apa aja, mau pake sisir gedhe or kecil kalo emang tangannya ok, ya hasilnya perciknya ok *kayak punya gw nih sob* xixixi.
Cairan pewarna makanan atau cat poster bisa kita tambahkan sedikit air sob, kalo angkak kan bentuknya emang bubuk jadi kudu dicairin dulu sob. Kalo udah cair nd di aduk-aduk siap deh kita mulai mercik..
Masih ingat desain daun yang tadi kan sob yg udah di pasang di daun sekalian di tusuki jarum pentul ? Nah itu dia yg mau kita percik. Awalnya kita bentuk pola pinggirnya dulu sob pake warna tipis2, tujuannya apa ? biar pola daun kita terbentuk dulu di buku gambar. Baru deh kalo udah d percik pinggir2nya kita mulai mercik objek daunnya. Daun yang mau kita percik dulu usahakan yang terdekat dulu sob, n kalo bisa pake warna yang paling muda di antara yg lainnya. Awalnya daun yang udah nempel di kertas kita buka *pilih daun yang mana n yg lain g usah di buka dulu* terus mulai deh kita percik warna di atas desain daun itu. Misaln nih sob, daun yang kita buka mau diwarnain kuning jadi kita percikan warna kuning di atasnya. 
Cara mercik warnanya gimana ? 
o ya lupa sob belum tau yah ?
gini nih, adonan warna yg udah kita buat di pallet/ gelas aqua kita percikan ke gambarnya. Ambil sikat gigi terus celupkan bagian bulunya dan kita kibaskan lagi cairannya. setelah itu baru deh kita gosokkan sikat gigi di atas sisir *usahakan sisirnya yg lembut ya son* sampe lama n warna yang kita mau itu muncul.. Gampang kan sob ? Lumayan sih, kalo kita sabar pasti jadinya bagus kok. Nah langkahnya gitu terus sob sampe semua daun tadi kita percik pake warna n kita tutup kembali pake daun tadi. 
Kalo bagian objeknya udah selesai di percik semua, selanjutnya mulai nih sob memikirkan warna backgroundnya mau apa. Biasanya nih sob, kalo nge background itu yg warnanya gelap, misal merah tua, ungu tua, hijau tua, coklat, hitam dll yang tua deh sob. tujuannya biar bisa nutup warna yang tadi melebar melebihi desain daun sob.. Background kita percikan semua di atas kertas  sampe bener2 warna objek yang tadi melebar tuh gag keliatan lagi sob. Asyiknya sih di bikin gradasi warna ataupun dibuat dari warna tua yang semakin ke atas semakin pudar sob. 
Pokoknya asyik bgt deh sob bikin percik, biarpun lama *sekitar 4 jam* tapi kalo gag nyobain wah rugi abis deh  sob karna hidup ini cuma skali... hehehe 
Selamat mencoba ...
desain percik
hasil percik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar