Kamis, 24 Oktober 2013

Surat Al-Kahfi dan Jum'at

Sibuk boleh, Al-Kahfi Dont forget
Assalamu'alaikum wr wb..
Sobat blogger yang insyaallah dirahmati Allah swt, apa kabar nih hari ini? semoga senantiasa sehat ya sobbat, aamiiin.

Ngomong-ngomong tentang hari Jum'at, sobat muslim pasti tau kalo hari jum'at adalah hari yang mulia. Ya, di hari jum'at Allah mentakdirkan beberapa kejadian besar. di dalam sebuah hadits Rasul SAW bersabda, "Hari terbaik bagi matahari untuk terbit adalah hari Jum'at, pada hari Jum'at Nabi Adam as diciptakan, dan pada hari jum'at pula dimasukkan ke dalam syurga dan pada hari jum'at pula Nabi Adam as dikeluarkan dari dalam Syurga". (HR Muslim). Dan konon berdasarkan riwayat lain juga mengatakan bahwa pada hari itu akan ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk.



Nah nyambung-nyambungin antara hari jum'at, hari kiamat, dan surat al-kahfi ternyata ketiganya saling berhubungan. hari jum'at adalah hari yang mulia, hari yang sangat baik untuk melakukan amalan sholeh. Nah diantara amalan-amalan sunnah yang direkomendasikan dilakukan hari jum'at salah satunya yakni membaca surat Al-Kahfi. Jam berapa nih bacanya? Okey untuk waktunya sangat dianjurkan pada malam jum'at (kaya sekarang ini niiih) atau hari Kamis malam setelah matahari terbenam sampai hari jum'at keesokan harinya sampai matahari terbenam ( (Al-Fiqhul Wadhih minal Kitab was Sunnah, hal 241).) Faedahnya sangat luar biasa lho sobat muslim sekalian, mau tau yuk kita simak bareng-bareng.

1. Dari Abu Sa'id al-Khudri radliyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

"Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

2. Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu 'anhu,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

3. Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

4. Imam Muslim memberikan bab khusus tentang surah ini. Beliau menamakan salah satu babnya dengan bab keutamaan surah al-Kahfi dan ayat Kursi. “Barang siapa yang hafal sepuluh ayat pertama surat al-Kahfi, akan dijaga dari dajal.” (HR Muslim).

5. Imam al-Nasa'i meriwayatkannya dari Tsauban, dari Rasululllah, “Barang siapa yang membaca sepuluh ayat terakhir surah al-Kahfi maka hal tersebut akan menjaganya dari dajal.” (HR Muslim).

Subhanallah, dari 5 faedah saja sudah sangat menggiurkan kan sobat, siapa sih yang gak mau terhindar dari dajjal pas hari kiamat kelak? Mangkanya kita bareng-bareng latihan buat istiqomah baca surah Al-Kahfi ya sobat. 

Allahumma Shalli Alaa Sayyidina Muhammad Wa alihi Washahbihi Wasallim.. Semoga kita termasuk golongan umat Nabi SAW yang mendapat pertolongan serta syafaat di hari kiamat kelak. aaamiiiin ya allah ya robbal 'alamin..

wassalamu'alaikum ..










Di dalam hadits lain, Rasulullah Saw. bersabda, “Hari terbaik bagi matahari untuk terbit adalah hari Jum’at, pada hari Jumat Adam diciptakan, dan pada hari Jumat pula dimasukkan ke dalam surga dan pada hari Jumat Adam dikeluarkan dari surga.” (HR. Muslim) - See more at: http://www.alquran-syaamil.com/2013/10/keutamaan-hari-jumat-menurut-islam.html#sthash.061OWszD.dpuf
Di dalam hadits lain, Rasulullah Saw. bersabda, “Hari terbaik bagi matahari untuk terbit adalah hari Jum’at, pada hari Jumat Adam diciptakan, dan pada hari Jumat pula dimasukkan ke dalam surga dan pada hari Jumat Adam dikeluarkan dari surga.” (HR. Muslim) - See more at: http://www.alquran-syaamil.com/2013/10/keutamaan-hari-jumat-menurut-islam.html#sthash.061OWszD.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar